Tips And Trick - Mengatasi Problem Pada Modem






 Nah siang kali ini saya akan share tentang banyaknya kasus problem pada modem smartfren. Ide posting ini muncul setelah 1 minggu yang lalu teman saya beli modem smartfren, dan dia sempat frustasi dikarenakan modem smartfren yang baru dia beli ini sering disconnect/jaringan terputus secara tiba-tiba. Berikut problem modem smartfren yang sering dia alami : 

Kekuatan sinyal minim, gak samapai batas EVDO

  1. Kekuatan sinyal penuh, namun untuk browsing aja ngga kuat -_-"
  2. Kekuatan sinyal nol
  3. Kekuatan sinyal penuh, namun sering disconnect sendiri
  4. Modem cepet panas/overheat.

Nah untuk poin 4 dan 5, problem tersebut juga saya alami. Bahkan semenjak beli modem ini sering terjadi seperti itu. Meski sempat putus asa, akhirnya saya mencoba mencari solusinya, meski sering terkena problem tersebut namun kegiatan download dan ngeblog berhasil dengan lancar dan aman. Terbukti dengan masih updatenya blog ini hehee.


Nah untuk mengatasi poin 1 sampai 5 sobat bisa mencobaeksperimen yang saya lakukan. Berikut ini uji coba saya dalam mengatasi problem pada modem smartfren:



  1. Gunakan paket yang sinyalnya kuat yaitu paket 95 ribu perbulan.
  2. Jangan pasang SD memory card karena akan menambah panas suhu modem
  3. Cobalah untuk selalu menggunakan modem ditempat yang lapang atau agak tinggi (misal lemari). Itu akan membantu modem mendapatkan area sinyal yang lebih baik.
  4. Sering-sering pantau koneksi jaringan di pop-up smartren. Klo tiba-tiba disconnect segera hubungkan kembali.
  5. Jangan meminimize aplikasi pop-up smartfren. Biarkan saja, (kasus saya) kalau diminimize sering disconnect sendiri.
  6. Kalau terjadi disconnect, coba cabut dan pindahkan pada port usb yang lain. Lalu sambungkan kembali, biasanya mau nyambung lagi.
  7. Hindari pengunaan modem pada jam-jam sibuk. Yaitu Pukul 17.00 - 20.00. pengalaman saya, pada jam-jam tersebut modem sering susah connect dan sinyalnya rendah. Meski sinyal tetap tinggi, namun tetap saja koneksi bernilai nol persen dan gak kuat untuk browsing.
  8. Kalau http yang kita buka gak mau terbuka jangan tiba-tiba memutuskan koneksi, coba pada browser lain dengan http lain.
  9. Tune up modem smartfren sobat.

Nah, itulah tips mengatasi problem pada modem smartfren dari saya, semoga dapat membatu menyelesaikan problem pada modem smartfren sobat. kurang lebihnya saya mohon maaf, saya akhiri wassalam.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Jika Ada link yang rusak atau yang kadarluarsa
harap di komentar
karna kami akan segera mengupload link yang baru
terimakasih