Friday, April 27, 2012

Install Ms. Office 2007 di Linux

ane dapet pengalaman ini pas Kebijakan baru di kantor ane yg mewajibkan kantor menggunakan OS Linux,temen2 ane pd bingung klo disuruh pake linux, :D cm 11 user yang mau migrasi ke linux. Sisanya masih lengket sama jendela :D Masalah utama bukan pada Linux-nya sih, tapi di Open Office yang diangep mreka masih belum sehebat Microsoft Office 2007.
Terkait kejadian itu, ane coba googling nyari tutor sana sini, ke forum sana forum sini,buat nyari info cara install office di linux.
akhirnya ktmu juga. Apa step2 ini pasti berhasil? hehehe.. nggak janji deh, tapi se'enggaknya berhasil di 12 pc dan 3 laptop di kantor ane yang udah dimigrasi ke Linux ;)
trus ane share dimari dah..
udah ah.. malah jd nglantur gini..

kita mulai prosesnya.

pertama,ane asumsiin di sistem linux kalian uda keinstall Wine.
klo toh belum ya diinstall dulu,


Code:
#apt-get install wine


ane pake Linux Backtrack 5 GNOME 32bit, ane pake Wine 1.2.2. Buka Wine Configuration (Configure Wine) dengan mengetikkan perintah winecfg di terminal. ntar muncul tab Applications. Klik tab Libraries. di menu drop-down "New overide for library", tambahkan msxml3, riched20, rpcrt4 dan usp10.


trus skrng Install cabExtract dengan perintah berikut: 
Code:
#apt-get install cabextract

klo udah, Buka terminal, trus download dan jalanin Winetrics dengan perintah berikut

Code:
#wget http://www.spyrozone.net/playground/sh/winetricks.sh

tunggu proses download selesai.. 


ko udah, bkin winetricks.sh yg kita download td biar bs execute, dg perintah:
Code:
#chmod +x winetricks.sh

trus jalanin winetricksnya..
Code:
#./winetricks.sh

Jendela Winetricks akan muncul kek gini:



trus Beri centang pada:
corefonts
tahoma
dotnet20
vb2run
vb3run
vb4run
vb5run
vb6run
vcrun2005
wsh56

Klik [OK]. Proses download dan instalasi akan segera berlangsung.





klo proses instalasi uda kelar,kita tinggal Install Microsoft Office nya, Masukkan CD MS Office,ato installer yg uda ada di harddisk. klik kanan pada file Setup.exe lalu klik Open With Other Application -> Windows Program Loader.


trus lakuin langkah-langkah instalasi seperti biasa.
klo proses instalasi MS Office 2007 udah selesai, coba buka Aplikasi-aplikasi Microsoft Office dengan klik Applications ->Wine ->Programs ->Microsoft Office




No comments

Post a Comment

Jika Ada link yang rusak atau yang kadarluarsa
harap di komentar
karna kami akan segera mengupload link yang baru
terimakasih

Loading...
Mohon Tunggu Sebentar Ya!
Sedang Memuat Halaman Blog-nya Nih...